Pengertian Ilmu
Kata ilmu berasal dari bahasa Arab, yaitu ‘alama. Arti dasar dari kata ini adalah pengetahuan. Penggunaan kata ilmu dalam proposisi bahasa Indonesia sering disejajarkan dengan kata science dalam bahasa Inggris. Kata science memang bukan bahasa Asli Inggris, tetapi merupakan serapan dari bahasa Latin, "Scio", "scire" yang arti dasarnya pengetahuan. Ada juga yang menyebut bahwa science berasal dari kata scientia yang berarti pengetahuan. Scientia bersumber dari bahasa Latin Scire yang artinya mengetahui. Terlepas dari berbagai perbedaan asal kata, tetapi jika benar ilmu disejajarkan dengan kata science dalam bahasa Inggris, maka pengertiannya adalah pengetahuan. Pengetahuan yang dipakai dalam bahasa Indonesia, kata dasarnya adalah “tahu”.
Secara umum pengertian kata “tahu” menandakan adanya
suatu pengetahuan yang didasarkan atas pengalaman dan pemahaman tertentu yang
dimiliki oleh seseorang.
Pendapat yang sama diungkapkan M. Quraish Shihab, yang berpendapat bahwa ilmu berasal dari bahasa Arab, (ilm). Dengan demikian arti dasar kata ilmu dapat diartikan sebagai pengetahuan yang jelas tentang sesuatu.
Pendapat yang sama diungkapkan M. Quraish Shihab, yang berpendapat bahwa ilmu berasal dari bahasa Arab, (ilm). Dengan demikian arti dasar kata ilmu dapat diartikan sebagai pengetahuan yang jelas tentang sesuatu.
Athur Thomson mendefinisikan ilmu sebagai pelukisan fakta-fakta, pengalaman secara lengkap dan konsisten meski dalam perwujudan istilah yang sangat sederhana. S. Hornby mengartikan ilmu sebagai Science is organized knowledge obtained by observation and testing of fact (ilmu adalah susunan atau kumpulan pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian dan percobaan dari fakta-fakta. Dalam kamus bahasa Indonesia, menerjemahkan ilmu sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu pula. Selanjtnya, Poincare menyebutkan bahwa ilmu berisi kaidah-kaidah dalam arti definisi yang tersembunyi "science consist entirely of convertions in the sence of disguised definitions".
Argumentasi yang ditawarkan Poincare ini, diakui
memperoleh penolakan dari berbagai ahli. Bahkan ada anggapan yang menyatakan
bahwa pikiran Poincare ini merupakan kesalahan besar. Le Ray seolah menjadi
antitesis dari pemikiran Poincare. Le Ray misalnya menyatakan bahwa “Science
consist only of consecrations and it is solely to this circumstance that is
owes its apparent certainly”. Le Ray juga menyatakan bahwa science
cannot teach us the truth, it’s can serve us only as a rule of action
"ilmu tidak mengajarkan tentang kebenaran, ia hanya menyajikan sejumlah
kaidah dalam berbuat".
Dari beberapa definisi ilmu di atas. Maka, kandungan
ilmu berisi tentang; hipotesa, teori, dalil dan hukum. Penjelasan di atas
menyiratkan bahwa hakekat ilmu bersifat koherensi sistematik. Artinya, ilmu
sedikit berbeda dengan pengetahuan. Ilmu tidak memerlukan kepastian
kepingan-kepingan pengetahuan berdasarkan satu putusan tersendiri, ilmu justru
menandakan adanya satu keseluruhan ide yang mengacu kepada objek atau alam
objek yang sama saling berkaitan secara logis. Setiap ilmu bersumber di dalam
kesatuan objeknya. Ilmu tidak memerlukan kepastian lengkap berkenaan dengan
penalaran masing-masing orang. Ilmu akan memuat sendiri hipotesis-hipotesis dan
teori-teori yang sepenuhnya belum dimantapkan. Oleh karena itu, ilmu
membutuhkan metodologi, sebab dan kaitan logis. Ilmu menuntut pengamatan dan
kerangka berpikir metodik serta tertata rapi. Alat bantu metodologis
yang penting dalam konteks ilmu adalah terminologi ilmiah.
Pengertian Filsafat
Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia dan philoshophos. Menurut bentuk katanya, philosophia diambil dari kata philos dan shopia atau philos dan sophos. Philos berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Dalam pengertian ini seseorang dapat disebut telah berfilsafat apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan dan terhadap hikmah.
Pada awalnya, kata sofia lebih sering diartikan sebagai kemahiran dan kecakapan dalam suatu pekerjaan, seperti perdagangan dan pelayaran. Dalam perkembangan selanjutnya, makna dari kata kemahiran ini lebih dikhususkan lagi untuk kecakapan di bidang sya’ir dan musik. Makna ini kemudian berkembang lagi kepada jenis pengetahuan yang dapat mengantarkan manusia untuk mengetahui kebenaran murni. Sofia dalam arti yang terakhir ini, kemudian dirumuskan oleh Pythagoras bahwa hanya Dzat Maha Tinggi (Allah) yang mampu melakukannya. Oleh karena itu, manusia hanya dapat sampai pada sifat “pencipta kebijaksanaan”.
Pythagoras menyatakan: “cukup seorang menjadi mulia
ketika ia menginginkan hikmah dan berusaha untuk mencapainya.” Harun Hadiwijono
berpendapat bahwa filsafat diambil dari bahasa Yunani, filosofia. Struktur
katanya berasal dari kata filosofien yang berarti mencintai kebijaksanaan.
Dalam arti itu, menurut Hadiwijono filsafat mengandung arti sejumlah gagasan
yang penuh kebijaksanaan. Artinya, seseorang dapat disebut berfilsafat ketika
ia aktif memperoleh kebijaksanaan. Kata filsafat dalam pengertian ini lebih
memperoleh kebijaksanaan. Kata filsafat dalam pengertian ini lebih berarti
sebagai “Himbauan kepada kebijaksanaan”.
Harun Nasution beranggapan bahwa kata filsafat bukan berasal dari struktur kata Philos dan shopia, philos dan shophos atau filosofen. Tetapi kata filsafat berasal dari bahasa Yunani yang struktur katanya berasal dari kata philien dalam arti cinta dan shofos dalam arti wisdom. Orang Arab menurut Harun memindahkan kata Philosophia ke dalam bahasa mereka dengan menyesuaikan tabi’at susunan kata-kata bahasa Arab, yaitu filsafat dengan pola (wajan) fa’lala, fa’lalah, dan fi’la. Berdasarkan wajan itu, maka penyebutan kata filsafat dalam bentuk kata benda seharusnya disebut falsafat.
Harun lebih lanjut menyatakan bahwa kata filsafat yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia, sebenarnya bukan murni berasal dari bahasa Arab sama seperti tidak murninya kata filsafat terambil dari bahasa Barat, philosophy. Harun justru membuat kompromi bahwa filsafat terambil dari dua bahasa, yaitu Fil diambil dari bahasa Inggris dan Safah dari bahasa Arab. Sehingga kata filsafat, adalah gabungan antara bahasa Inggris dan Arab. Berfilsafat artinya berpikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas (tidak terikat pada tradisi, dogma serta agama) dan dengan sedalam-dalamnya sehingga sampai ke dasar-dasar persoalannya. Atas dasar itu, maka menurut Harun, secara etimologi filsafat dapat didefinisikan sebagai; Pengetahuan tentang hikmah. Pengetahuan tentang prinsip atau dasar mencari kebenaran dan membahas dasar dari apa yang dibahas.
Ali Mudhafir berpendapat bahwa kata filsafat dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata Falsafa (Arab), Phyloshophy (Inggris), Philosophie (Jerman, Belanda dan Perancis). Semua kata itu, berasal dari bahasa Yunani Philosphia. Kata philosophia sendiri terdiri dari dua suku kata, yaitu Philien, Philos dan shopia. Philien berarti mencintai, philos berarti teman dan sophos berarti bijaksana, shopia berarti kebijaksanaan.
Dengan demikian, menurut Ali Mudhafir ada dua arti secara
etimologi dari kata filsafat yang sedikit berbeda. Pertama, apabila
istilah filsafat mengacu pada asal kata philien dan shopos, maka ia berarti
mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (ia menjadi sifat). Kedua,
apabila filsafat mengacu pada asal kata philos dan shopia, maka ia berarti
teman kebijaksanaan (filsafat menjadi kata benda).
Hubungan Antara Ilmu dan Filsafat
Berbagai pengertian tentang filsafat dan ilmu sebagaimana dijelaskan di atas, maka berikutnya akan tergambar pola relasi (hubungan) antara ilmu dan filsafat. Pola relasi ini dapat berbentuk persamaan antara ilmu dan filsafat, dapat juga perbedaan di antara keduanya. Di zaman Plato sampai masa al Kindi, batas antara filsafat dan ilmu pengetahuan boleh disebut tidak ada. Seorang filosof pasti menguasi semua ilmu. Tetapi perkembangan daya pikir manusia yang mengembangkan filsafat pada tingkat praksis, berujung pada loncatan ilmu dibandingkan dengan loncatan filsafat.
Meski ilmu lahir dari filsafat, dalam perkembangan
berikutnya, perkembangan ilmu pengetahuan yang didukung dengan kecanggihan
teknologi, telah mengalahkan perkembangan filsafat. Wilayah kajian filsafat
bahkan seolah lebih sempit dibandingkan dengan masa awal perkembangannya,
dibandingkan dengan wilayah kajian ilmu. Oleh karena itu, tidak salah jika
kemudian muncul suatu anggapan bahwa untuk saat ini, filsafat tidak lagi
dibutuhkan bahkan kurang relevan dikembangkan ole manusia. Sebab manusia hari
ini mementingkan ilmu yang sifatnya praktis dibandingkan dengan filsafat yang
terkadang sulit “dibumikan”.
Ilmu telah menjadi sekelompok pengetahuan yang terorganisir dan tersusun secara sistematis. Tugas ilmu menjadi lebih luas, yakni bagaimana ia mempelajari gejala-gejala sosial lewat observasi dan eksperimen. Keinginan-keinginan melakukan observasi dan eksperimen sendiri dapat didorong oleh keinginannya untuk membuktikan hasil pemikiran filsafat yang cenderung Spekulatif ke dalam bentuk ilmu yang praktis. Dengan demikian, ilmu pengetahuan dapat diartikan sebagai keseluruhan lanjutan sistem pengetahuan manusia yang telah dihasilkan oleh hasil kerja filsafat kemudian dibukukan secara sistematis dalam bentuk ilmu yang terteoritisasi.
Kebenaran ilmu dibatasi hanya pada sepanjang
pengalaman dan pemikiran, sedangkan filsafat menghendaki pengetahuan yang komprehensif,
yakni; yang luas, umum dan universal (menyeluruh) yang tidak dapat diperoleh
dalam ilmu. Lalu jika demikian, dimana saat ini filsafat harus ditempatkan?
Menurut AM. Saefudin, filsafat dapat ditempatkan pada posisi maksimal pemikiran
manusia yang tidak mungkin pada taraf tertentu dijangkau oleh ilmu. Menafikan
kehadiran filsafat, sama artinya dengan melakukan penolakan terhadap kebutuhan
riil dari realitas kehidupan manusia yang memiliki sifat untuk terus maju.
Ilmu dapat dibedakan dengan filsafat. Kesimpulannya ditarik setelah melakukan pengujian-pengujian secara berulang-ulang. Untuk kasus tertentu, ilmu bahkan menuntut untuk diadakannya percobaan dan pendalaman untuk mendapatkan esensinya. Sedangkan filsafat bersifat priori, yakni; kesimpulan-kesimpulannya ditarik tanpa pengujian. Sebab filsafat tidak mengharuskan adanya data empiris seperti dimiliki ilmu. Karena filsafat bersifat spekulatif dan kontemplatif yang ini juga dimiliki ilmu. Kebenaran filsafat tidak dapat dibuktikan oleh filsafat itu sendiri, tetapi hanya dapat dibuktikan oleh teori-teori keilmuan melalui observasi dan eksperimen atau memperoleh justifikasi kewahyuan. Dengan demikian, tidak setiap filosof dapat disebut sebagai ilmu, sama seperti tidak semua ilmuwan disebut filosof.
Meski demikian aktifitas berpikir. Tetapi aktivitas
dan ilmuwan itu sama, yakni menggunakan aktifitas berpikir filosof. Berdasarkan
cara berpikir seperti itu, maka hasil kerja filosofis dapat dilanjutkan oleh
cara kerja berfikir ilmuwan. Hasil kerja filosofis bahkan dapat menjadi pembuka
bagi lahirnya ilmu. Namun demikian, harus juga diakui bahwa tujuan akhir dari
ilmuwan yang bertugas mencari pengetahuan, sebagaimana hasil analisa Spencer,
dapat dilanjutkan oleh cara kerja berpikir filosofis.
Di samping sejumlah perbedaan tadi, antara ilmu dan filsafat serta cara kerja ilmuwan dan filosofis, memang mengandung sejumlah persamaan, yakni sama-sama mencari kebenaran. Ilmu memiliki tugas melukiskan, sedangkan filsafat bertugas untuk menafsirkan kesemestaan. Aktivitas ilmu digerakkan oleh pertanyaan bagaimana menjawab pelukisan fakta. Sedangkan filsafat menjawab atas pertanyaan lanjutan bagaimana sesungguhnya fakta itu, dari mana awalnya dan akan ke mana akhirnya.
Berbagai gambaran di atas memperlihatkan bahwa filsafat di satu sisi dapat menjadi pembuka bagi lahirnya ilmu pengetahuan, namun di sisi yang lainnya ia juga dapat berfungsi sebagai cara kerja akhir ilmuwan. “Sombongnya”, filsafat yang sering disebut sebagai induk ilmu pengetahuan (mother of science) dapat menjadi pembuka dan sekaligus ilmu pamungkas keilmuan yang tidak dapat diselesaikan oleh ilmu.
Kenapa demikian? Sebab filsafat dapat merangsang lahirnya sejumlah keinginan dari temuan filosofis melalui berbagai observasi dan eksperimen yang melahirkan berbagai pencabangan ilmu. Realitas juga menunjukan bahwa hampir tidak ada satu cabang ilmu yang lepas dari filsafat atau serendahnya tidak terkait dengan persoalan filsafat. Bahkan untuk kepentingan perkembangan ilmu itu sendiri, lahir suatu disiplin filsafat untuk mengkaji ilmu pengetahuan, pada apa yang disebut sebagai filsafat pengetahuan, yang kemudian berkembang lagi yang melahirkan salah satu cabang yang disebut sebagai filsafat ilmu.
No comments:
Post a Comment