A. Deskripsi Objek Penelitian
Dalam penulisan skripsi ini, penulis
memilih pondok
pesanten terpadu Darul ‘Amal secara keseluruhan sebagai objek penelitian dengan
menekankan dan
fokus terhadap sistem pendidikan yang dilaksakan di
pondok pesantren terpadu Darul ‘Amal,
Selajati, Jampang Kulon, Sukabumi, Jawa Barat.
Penetapan objek tersebut di atas, berdasarkan atas pengamatan penulis
bahwa pondok pesantren terpadu Darul ‘Amal cukup menarik dan dianggap tepat untuk
dijadikan objek penelitian karena sistem
pendidikan yang dilaksanakannya adalah mengembangkan sistem pendidikan yang modern yaitu
mencampurkan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum Diknas.
B. Tempat dan Waktu
Penelitian
Penelitian ini berlangsung dari tanggal 29 Oktober 2011 sampai 10 November 2011
.
Sedangkan tempat yang dijadikan penelitian adalah pondok pesantren terpadu
Darul ‘Amal, Selajati, Jampang Kulon, Sukabumi-Jawa Barat.
C.
Metode penelitian
Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu pemecahan masalah
dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan
fakta dan data yang penulis peroleh sebagaimana adanya, kemudian dianalisa,
diinterprestasi untuk mengambil sebuah kesimpulan. Dalam melakukan penelitian
lapangan ini, digunakan bebera teknik untuk mengumpulkan data-data yang sesuai
dengan permasalahan yang diteliti,
yaitu:
1.Penelitian
kepustakaan (library reseach)
Metode ini digunakan untuk memperoleh
data-data atau teori dari berbagai sumber seperti buku, majalah, atau
sumber-sumber lain yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas dalam
skripsi ini.
2.Penelitian
Lapangan (field reseach)
Yaitu penelitian yang dilakukan dengan
mendatangi langsung ke objek penelitian yaitu pondok pesantren Terpadu Darul
Amal Selajati, Jampang Kulon, Sukabumi. Untuk mendapatkan data di lapangan ini,
penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu sebagai berikut:
a.
Observasi
Observasi dapat disebut dengan pengamatan
yang meliputi pemusatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakan
seluruh panca indera.
Dengan menggunakan teknik observasi ini,
peneliti mengobservasi antara lain:
1. Lokasi penelitian
2.
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas
3. Kegiatan santri
sehari-hari dipondok pesantren
4. Sarana dan prasarana
yang dimiliki pesantren
b.
Interview
Istilah interview atau wawancara mempunyai
arti sebagai sesuatu percakapan atau tanya
jawab secara lisan antara dua orang atau lebih, yang duduk berhadapan secara
fisik, dan diarahkan pada masalah tertentu.
Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai Ketua Badan Pengurus Yayasan Terpadu
Darul Amal dan Wakapes Kurikulum. Penulis menggunakan
metode interview untuk mendapatkan informasi, keterangan atau pernyataan yang
berkaitan dengan persoalan yang diteliti. Adapun interview yang penulis gunakan
dalam penelitian ini adalah interview bebas terpimpin, yaitu wawancara
dilakukan dengan berpedoman pada daftar pernyataan yang telah disusun
sebelumnya tetapi tidak mengikat atau bebas disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada pada saat
wawancara tengah berlangsung. Dengan kata lain, di dalam menyampaikan
pertanyaan-pertanyaan kepada informan, penulis tidak sepenuhnya terkait kepada
pedoman wawancara (interview guide) yang telah penulis susun sebelumnya.
c.
Studi Dokumentasi
Studi Dokumentasi merupakan teknik
mengumpulkan data yang dilakukan dengan
cara menganalisis data-data tertulis dalam dokumen-dokumen yang relevan dengan
tujuan penelitian.
Dengan
menggunakan teknik dokumentasi ini, peneliti mendapatkan dokumen berupa:
1.Dokumen-dokumen yang
diberikan oleh Yayasan guna mempermudah
penelitian.
2.
Buku panduan pesantren dan tata tertib santri
D. Tahap-Tahap Penelitian
Tahap-tahap
penelitian memberikan gambaran tentang keseluruhan perencanaan,
pelaksanaan pengumpulan data, analisis dan penafsiran data (temuan) sampai pada
penulisan laporan. Tahap-tahap penelitian itu ada tiga sebagaimana penulis kutip
dalam buku “Metode Penelitian Kualitatif” karangan Dr. Lexy J. Moleong, M.A.
adalah sebagai berikut:
1. Tahap pra-lapangan
Ada tujuh kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini, kegiatan tersebut yaitu:
a. Menyusun rancangan penelitian
b.
Memilih lapangan penelitian
c.
Mengurus perizinan
d.
Menjajaki dan menilai lapangan
e.
Memilih dan memanfaatkan informan
f.
Menyiapkan perlengkapan penelitian
g.
Etika penelitian lapangan
2.
Tahap pekerjaan lapangan
Tahap kegiatan lapangan ini dibagi atas tiga bagian, yaitu:
a.
Memahami latar penelitian dan persiapan diri
b. Memasuki lapangan,
seperti keakraban hubungan, mempelajari bahasa, dan peranan penelitian
c.
Berperan-serta sambil mengumpulkan data
3. Tahap analisis dan interpretasi data
Tahap analisis data meliputi tiga pokok persoalan, yaitu:
a.
Konsep dasar analisis data, maksudnya adalah proses
mengatur data, mengorganisasikannya ke dalam sebuah pola, kategori, dan satuan
uraian dasar.
b.
Interpretasi data merupakan upaya untuk memperoleh arti
dan makna yang lebih mendalam dan luas terhadap hasil penelitian yang sedang
dilakukan.[1]
E. Proses Pencatatan dan Analisa Data
1.
proses Pencatatan Data
Setelah diketahui atau dirancang alat
pengumpul data, maka perlu dirancang pula pencatatan data yang pada dasarnya
dapat ditinjau dari dua segi dimensi yaitu ketepatan dan sruktur. Ketepatan maksudnya
adalah kemampuan peneliti untuk bisa menghasilkan data “setepat” adanya.
Misalnya dapat dicapai dengan merekamnya melaui catatan lapangan, dengan adanya
catatan lapangan yang dibantu dengan alat perekam data maka diharapkan data
yang ada dilapangan terkumpul.
2.
Analisa data
Pada tahap ini
penulis menggunakan data-data yang diperoleh dari perpustakaan untuk dijadikan
sebagai pedoman dalam pemeriksaan terhadap keabsahan data yang diperoleh dari
penelitian lapangan, setelah itu data-data yang diperoleh di olah terlebih
dahulu. Setelah
data-data yang diperoleh dari lapangan diolah barulah dilakukan analisa untuk mengungkap
pokok permasalahn dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif-analisis.
Sehingga dapat diperoleh kesimpulan dalam penganalisaan hasil penelitian berupa
“Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren Terpadu Darul ‘Amal Sukabumi ”.
Mantab mas bro... tambah lg....
ReplyDelete