METODOLOGI PENELITIAN

A. Deskripsi Objek Penelitian
     Dalam penulisan skripsi ini, penulis memilih pondok pesanten terpadu Darul ‘Amal secara keseluruhan sebagai objek penelitian dengan menekankan dan fokus terhadap sistem pendidikan yang dilaksakan di pondok pesantren  terpadu Darul ‘Amal, Selajati, Jampang Kulon, Sukabumi, Jawa Barat.
     Penetapan objek tersebut di atas, berdasarkan atas pengamatan penulis bahwa pondok pesantren terpadu Darul ‘Amal cukup menarik dan dianggap tepat untuk dijadikan objek penelitian karena sistem pendidikan yang dilaksanakannya adalah mengembangkan sistem pendidikan yang modern yaitu mencampurkan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum Diknas.
B. Tempat dan Waktu Penelitian
     Penelitian ini berlangsung dari tanggal 29 Oktober 2011 sampai 10 November 2011 . Sedangkan tempat yang dijadikan penelitian adalah pondok pesantren terpadu Darul ‘Amal, Selajati, Jampang Kulon, Sukabumi-Jawa Barat.
C. Metode penelitian
     Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu pemecahan masalah dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta dan data yang penulis peroleh sebagaimana adanya, kemudian dianalisa, diinterprestasi untuk mengambil sebuah kesimpulan. Dalam melakukan penelitian lapangan ini, digunakan bebera teknik untuk mengumpulkan data-data yang sesuai dengan permasalahan  yang diteliti, yaitu:
1.Penelitian kepustakaan (library reseach)
          Metode ini digunakan untuk memperoleh data-data atau teori dari berbagai sumber seperti buku, majalah, atau sumber-sumber lain yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini.
2.Penelitian Lapangan (field reseach)
          Yaitu penelitian yang dilakukan dengan mendatangi langsung ke objek penelitian yaitu pondok pesantren Terpadu Darul Amal Selajati, Jampang Kulon, Sukabumi. Untuk mendapatkan data di lapangan ini, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu sebagai berikut:
a.   Observasi
     Observasi dapat disebut dengan pengamatan yang meliputi pemusatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakan seluruh panca indera.
     Dengan menggunakan teknik observasi ini, peneliti mengobservasi antara lain:
1. Lokasi penelitian
2. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas
3. Kegiatan santri sehari-hari dipondok pesantren
4. Sarana dan prasarana yang dimiliki pesantren
b.   Interview
     Istilah interview atau wawancara mempunyai arti sebagai sesuatu percakapan atau tanya jawab secara lisan antara dua orang atau lebih, yang duduk berhadapan secara fisik, dan diarahkan pada masalah tertentu.
     Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai Ketua Badan Pengurus Yayasan Terpadu Darul Amal dan Wakapes Kurikulum. Penulis menggunakan metode interview untuk mendapatkan informasi, keterangan atau pernyataan yang berkaitan dengan persoalan yang diteliti. Adapun interview yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah interview bebas terpimpin, yaitu wawancara dilakukan dengan berpedoman pada daftar pernyataan yang telah disusun sebelumnya tetapi tidak mengikat atau bebas disesuaikan dengan  situasi dan kondisi yang ada pada saat wawancara tengah berlangsung. Dengan kata lain, di dalam menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada informan, penulis tidak sepenuhnya terkait kepada pedoman wawancara (interview guide) yang telah penulis susun sebelumnya.
c. Studi Dokumentasi
     Studi Dokumentasi merupakan teknik mengumpulkan data yang  dilakukan dengan cara menganalisis data-data tertulis dalam dokumen-dokumen yang relevan dengan tujuan penelitian.
Dengan menggunakan teknik dokumentasi ini, peneliti mendapatkan dokumen berupa:
1.Dokumen-dokumen yang diberikan oleh Yayasan guna mempermudah  penelitian.
2. Buku panduan pesantren dan tata tertib santri
D. Tahap-Tahap Penelitian
     Tahap-tahap penelitian memberikan gambaran tentang keseluruhan  perencanaan, pelaksanaan pengumpulan data, analisis dan penafsiran data (temuan) sampai pada penulisan laporan. Tahap-tahap penelitian itu ada tiga sebagaimana penulis kutip dalam buku “Metode Penelitian Kualitatif” karangan Dr. Lexy J. Moleong, M.A. adalah sebagai berikut:
1.  Tahap pra-lapangan
Ada tujuh kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini, kegiatan tersebut yaitu:
a. Menyusun rancangan penelitian
b.   Memilih lapangan penelitian
c.   Mengurus perizinan
d.   Menjajaki dan menilai lapangan
e.   Memilih dan memanfaatkan informan
f.   Menyiapkan perlengkapan penelitian
g.   Etika penelitian lapangan
2.   Tahap pekerjaan lapangan
Tahap kegiatan lapangan ini dibagi atas tiga bagian, yaitu:
a.   Memahami latar penelitian dan persiapan diri
b.  Memasuki lapangan, seperti keakraban hubungan, mempelajari bahasa, dan peranan penelitian
c.   Berperan-serta sambil mengumpulkan data
3. Tahap analisis dan interpretasi data
Tahap analisis data meliputi tiga pokok persoalan, yaitu:
a.  Konsep dasar analisis data, maksudnya adalah proses mengatur data, mengorganisasikannya ke dalam sebuah pola, kategori, dan satuan uraian dasar.
b.  Interpretasi data merupakan upaya untuk memperoleh arti dan makna yang lebih mendalam dan luas terhadap hasil penelitian yang sedang dilakukan.[1]
E. Proses Pencatatan dan Analisa Data 
1. proses Pencatatan Data 
     Setelah diketahui atau dirancang alat pengumpul data, maka perlu dirancang pula pencatatan data yang pada dasarnya dapat ditinjau dari dua segi dimensi yaitu ketepatan dan sruktur. Ketepatan maksudnya adalah kemampuan peneliti untuk bisa menghasilkan data “setepat” adanya. Misalnya dapat dicapai dengan merekamnya melaui catatan lapangan, dengan adanya catatan lapangan yang dibantu dengan alat perekam data maka diharapkan data yang ada dilapangan terkumpul.
2. Analisa data
     Pada tahap ini penulis menggunakan data-data yang diperoleh dari perpustakaan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam pemeriksaan terhadap keabsahan data yang diperoleh dari penelitian lapangan, setelah itu data-data yang diperoleh di olah terlebih dahulu. Setelah data-data yang diperoleh dari lapangan diolah barulah dilakukan analisa untuk mengungkap pokok permasalahn dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif-analisis. Sehingga dapat diperoleh kesimpulan dalam penganalisaan hasil penelitian berupa “Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren Terpadu Darul ‘Amal Sukabumi ”.


     [1] Lexy J. Moleong, MA., Metodologi Penelitian Kualitatif, (PT. Remaja Rosdakarya, Bandung), h. 127-151.

1 comment:

Surah Al-Fatihah, menjadi pembuka & Kunci kehidupan di Dunia & Akhirat

بسم الله الرحمن الرحيم Asma Alloh harus digunakan dalam kehidupan (bukan sekedar dibaca/dijadikan wiridan saja) الحمد لله رب العالمين...